Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: MANTAPKAN NIAT KE SEKOLAH UNTUK MENUNTUT ILMU

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma’shumah mengimbau siswa agar memantapkan niat ke sekolah untuk menuntut ilmu.

    Niat sambungnya, dapat menumbuhkan semangat didiri seseorang untuk mencapai apa yang ditujunya dan seorang siswa tentu harus memiliki niat yang kuat pergi ke sekolah agar menjadi motivasinya dalam mencapai apa yang dicita-citakan.

    “Niatkan pergi ke sekolah untuk menuntut ilmu bukan untuk bermain-main. Niat seperti ini adalah niat yang mulia. Jika dimulai dengan niat yang baik, maka ilmu yang diberikan gurupun akan mudah terserap dan dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya menanggapi amanat M. Fithri Isnaini, S.Ag mengenai syarat-syarat menuntut ilmu yang disampaikan pada Upacara Bendera, Senin (16/01/23).

    Menurut Ma’shumah sangat penting bagi seorang siswa meluruskan niat mulai dari rumah menuju ke sekolah. “Niat ini tidak hanya sekedar diucapkan tetapi juga dijalankan. Salah satu caranya adalah dengan belajar menyukai semua pelajaran. Ketika sudah terbiasa, maka semua pelajaran terasa menyenangkan dan muncul perasaan bahagia ketika menuntut ilmu,” jelas Ma’shumah.

    Sebelumnya Fithri menyampaikan dalam amanatnya ada 6 syarat menuntut ilmu menurut kitab Ta’lim Al-Muta’allim. “6 syarat ini meliputi kecerdasan, bersungguh-sungguh, kesabaran, biaya, bimbingan guru, dan waktu yang lama,” sebutnya.

    Lebih lanjut Fithri mengungkapkan bersungguh-sungguh meliputi keinginan yang kuat dan niat yang tulus dari dalam hati. “Siapapun yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan kesuksesan. Mulailah kesungguhan itu dengan menanamkan niat menuntut ilmu agar bermanfaat untuk kita hidup di dunia dan di akhirat,” pesannya.

    Upacara Bendera setiap hari Senin dilaksanakan secara gabungan dengan diikuti seluruh siswa-siswi serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP).

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728