Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS TERIMA BANTUAN KOMPOSTER

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan bantuan komposter sebanyak dua unit dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS bertempat di depan ruang Kamad, Rabu (28/09/2022).

    Kamad MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah dalam kesempatannya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dispera KPLH Kab. HSS atas pemberian dua unit komposter kepada MIN 11 HSS. “Komposter yang kami dapatkan akan kami pergunakan untuk mengatasi masalah sampah yang ada di MIN 11 HSS,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Ma’shumah menjelaskan MIN 11 HSS akan mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler Pengolahan Sampah. Melalui kegiatan ini siswa-siswa MIN 11 HSS akan dibina dan dibekali pengetahuan mengenai sampah dan bagaimana pengolahannya sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

    “Semoga dengan adanya komposter di MIN 11 HSS dapat menjadi inspirasi seluruh warga madrasah untuk memanfaatkan sampah yang ada di madrasah maupun yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Karena sampah yang kotor dapat menjadi sesuatu yang berguna dan memiliki nilai ekonomis jika diolah dengan benar,” pungkas Ma’shumah.

    Sementara itu Ketua Tim Adiwiyata MIN 11 HSS Jastan, S.Pd.I menjelaskan kegiatan Ekstrakurikuler Pengolahan Sampah merupakan salah satu bentuk gerakan madrasah Adiwiyata yang dilaksanakan MIN 11 HSS. Pengolahan sampah menggunakan komposter menjadi langkah awal guna meningkatkan kesadaran siswa terhadap pelestarian lingkungan.

    “Penggunaan komposter nantinya akan menghasilkan dua kebaikan bagi lingkungan, sampah di sekitar MIN 11 HSS menjadi berkurang dan dari sampah itu dihasilkan pula pupuk kompos yang bermanfaat untuk tanaman yang ada di MIN 11 HSS,” jelas Jastan.

    Selain dua unit komposer, Dispera KPLH Kab. HSS juga memberikan tiga bibit pohon kepada MIN 11 HSS. Pohon-pohon ini nantinya ditanam di sekitar lingkungan MIN 11 HSS dan menjadi pohon pertama yang akan diberikan pupuk kompos hasil olahan media komposter.

     

    (Ref/Ft : Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728