Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS GELAR UPACARA KESAKTIAN PANCASILA

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP), Sabtu (01/10/2022).

    Kamad MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah menjelaskan upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum yang tepat untuk kembali mengingat Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. “Dengan diadakannya upacara ini, semoga dapat memotivasi siswa agar lebih memahami arti penting Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Karna dengan Pancasila, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama, dan budaya yang berbeda dapat bersatu,” ungkap Ma’shumah.

    Lebih lanjut Ma’shumah mengharapkan agar seluruh warga madrasah menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Salah satu contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila di madrasah adalah mengedepankan musyawarah dalam pengambilan keputusan agar rasa persatuan dan kesatuan tetap terjaga,” pungkas Ma’shumah.

    Sarwani, S.Pd.I sebagai inspektur upacara dalam kesempatannya menerangkan sejak dahulu Indonesia rentan akan munculnya gerakan-gerakan yang berusaha meruntuhkan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. “Salah satunya adalah Gerakan 30 September PKI (30S/PKI) yang berusaha menghancurkan Pancasila. Namun dengan pengorbanan para pahlawan, gerakan tersebut dapat digagalkan. Untuk itu kita sebagai penerus bangsa berkewajiban menjaga dan mempertahankan Pancasila seperti yang dilakukan para pahlawan terdahulu,” jelas Sarwani.

    Upacara berlangsung dengan khidmat, tidak hanya diikuti oleh seluruh warga MIN 11 HSS tetapi juga seluruh warga Madrasah Aliyah (MA) PIP. Rasa persatuan semakin terasa saat pembacaan ikrar kesetiaan kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

     

    (Ref/Ft : Islamiah)

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728