Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI SANTRI

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) ikuti upacara peringatan Hari Santri yang digelar oleh Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP), bertempat di lapangan YAPIP, Senin (24/10/22).

    Kamad MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah menjelaskan upacara peringatan Hari Santri merupakan momentum yang tepat untuk kembali mengingat bahwa perjalanan bangsa Indonesia tidak lepas dari peran para santri. “Mulai dari zaman Indonesia masih dijajah hingga sekarang, para santri selalu terlibat dalam upaya mensejahterakan Indonesia,” ujarnya.

    Tidak hanya pada bidang agama lanjutnya, para santri juga memiliki peran dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun politik. “Untuk itu para anak-anak kami sebagai santri di era modern ini tetaplah selalu mengedepankan nilai-nilai agama di manapun berada dan tuntutlah ilmu sebagaimana yang diwajibkan agama kita agama Islam,” pesan Ma’shumah.

    Ustadz H. Abdul Adzim dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara menyebutkan penting bagi kita untuk selalu mengimplementasikan jiwa santri dalam kehidupan sehari-hari. “Jiwa santri yang cinta agama dan negara terbentuk dari siswa yang giat dalam menuntut ilmu dan dari guru yang giat dalam memberikan ilmu,” ungkapnya.

    Menurut Adzim melalui satu-kesatuan itulah akan tercipta jiwa santri yang mengakar kuat pada diri setiap siswa. “Agar ilmu dapat tersalurkan dan dapat diterima dengan baik, penting bagi kita untuk mengamalkan tiga hal, yaitu niat, istiqamah, dan sabar,” tambahnya.

    Bertemakan “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan", upacara yang dihadiri oleh seluruh siswa-siswi dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) YAPIP ini berlangsung dengan khidmat. Selesai pemberian amanat, acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Agama oleh Pembina Upacara. Rasa persatuan semakin terasa saat pembacaan ikrar Santri dan saat menyanyikan Mars Hari Santri dan lagu Yalal Wathon yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

     

    (Ref/Ft : Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728