Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS LAKSANAKAN KHATAMAN AL-QUR'AN MASSAL

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Sebanyak 81 siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan khataman Al-Qur`an massal tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara, Selasa (23/05/23) di Mesjid Al-Ihya.

    Kegiatan ini merupakan bentuk penerapan Peraturan Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2005 yang mewajibkan khatam Al-Qur`an bagi pelajar dan diikuti sebanyak 437 siswa kelas VI dari 13 MI yang ada di Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara.

    Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Rajudin Noor, S.Pd. I dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh peserta khataman tidak berhenti membaca Al-Qur`an dan justru lebih meningkatkan bacaan Al-Qur`annya serta mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

    "Selain bernilai ibadah, membaca Al-Qur`an setiap pagi juga dapat membantu siswa menjadi lebih fokus dan menenangkan pikiran siswa sebelum pembelajaran dimulai," ujarnya di hadapan peserta khataman.

    Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. HSS Drs. H. Muhammad Yamani M.Pd.I saat memberikan sambutan dan arahan pada kegiatan tersebut.

    Yamani mengungkapkan kebiasaan membaca Al-Qur`an harus dipupuk sejak dini karna anak tingkat SD/MI sedang berada di usia perkembangan, tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga dari segi kognitif dan moral keagamaan.

    "Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orangtua agar memastikan siswa memiliki kebiasaan membaca Al-Qur`an. Jika di sekolah guru memberikan ilmu membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar, maka tugas orangtua adalah mendukung siswa dengan membatasi mereka menggunakan handphone dan lebih memilih mengajak mereka untuk membaca Al-Qur`an," tuturnya.

    Sementara Kamad MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah berharap melalui kegiatan khataman massal ini dapat melahirkan generasi yang berkarakter cinta Al-Qur`an. "Semoga setelah kegiatan ini berakhir, para peserta dapat menjadi pribadi yang menjunjung tinggi Al-Qur`an sebagai pedoman hidup dan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada di dalamnya sehingga dapat hidup tenang di dunia dan di akhirat," harap Ma`shumah.

    Selain dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kab. HSS, turut hadir pula Kasi Penmad Kab. HSS serta Kasi PD dan Pontren, Pengawas Madrasah Kab. HSS, Kepala Desa Habirau Tengah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta guru-guru MI se-Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara yang mendampingi siswanya.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Riswan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728