Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA KELAS VI MIN 11 HSS LAKSANAKAN UJIAN PRAKTEK MENCANGKOK POHON


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan ujian praktek mencangkok pohon untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Selasa (16/05/23) di ruang kelas.

    Salah satu Wali Kelas VI Marfuah, S.Ag menjelaskan sebelumnya siswa di kelasnya telah dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 9-10 siswa. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari dan membawa tanaman rambutan, mangga, dan jambu.

    "Untuk bahan lain sudah disediakan, seperti tanah, plastik, pisau, dan tali rafia. Siswa kemudian melakukan pencangkokan mengikuti langkah kerja yang terdapat di lembar kerja kelompok," ungkapnya.

    Lebih lanjut Marfuah menuturkan setiap kelompok diberi arahan agar melakukan pencangkokan dengan sungguh-sungguh. Karna jika berhasil, batang yang dicangkok akan tumbuh akar dan dapat dipindahkan ke media tanah baru untuk mendukung pertumbuhannya.

    "Selain mengenalkan siswa tentang perkembangbiakan vegetatif, melalui ujian praktek ini siswa juga belajar bagaimana proses pencangkokan itu dilakukan sehingga ilmu dan keterampilan yang mereka dapat, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

    Ashila Mia Ramadhani, salah satu siswa kelas VI B mengaku antusias dalam praktek pencangkokan ini. Dirinya dengan teman sekelompoknya mendapat tugas mencangkok tanaman mangga. "Kami akan mengamati hasil cangkok kami secara berskala sampai keluar akar dan siap untuk dipindahkan ke polybag yang berisi tanah subur agar dapat tumbuh dengan baik," ujarnya antusias.

     

    (Rep/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728