Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PERINGATI 10 MUHARRAM, MIN 11 HSS IKUTI ZIKIR BERSAMA DAN SANTUNI ANAK YATIM

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Seluruh guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) ikuti zikir bersama warga Pondok Pesantren Pendidikan Islam Parigi (PIP), Senin (08/08/22) bertempat di Mesjid Besar Al-Ihya Habirau Tengah.

    Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah menjelaskan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari Asyura 10 Muharram 1444 H. “Dan merupakan agenda tahunan Yayasan PIP bersama seluruh satuan pendidikannya, termasuk MIN 11 HSS”, jelasnya.

    Hari Asyura sambung Hj. Ma’shumah merupakan salah satu hari mulia bagi umat Islam, yang mana banyak terdapat keutamaan di dalamnya. “Untuk itu peserta didik diajari dan dibiasakan mengisinya dengan amalan-amalan ibadah, termasuk memanjatkan doa asyura dan zikir”, tambahnya.

    Sementara, Ustadz Thamliha yang mempimpin zikir dalam kesempatannya mengatakan hendaknya momentum 10 Muharram ini dijadikan para siswa dan santri sebagai muhasabah diri agar menjadi pribadi muslim yang lebih baik lagi.

    Menurutnya hal tersebut termasuk cara memuliakan bulan Muharram yang termasuk satu dari empat bulan Islam yang diagungkan dan disucikan oleh Allah, SWT selain Dzulqaidah, Dzulhijjah dan Rajab.

    Lebih lanjut Ustadz Ponpes PIP ini menjelaskan amalan-amalan sunah yang diajurkan sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. “Diantaranya berpuasa, melantunkan zikir serta amal sholeh lainnya seperti menyantuni anak yatim yang ada di sekitar kita,” jelas Thamliha.

    Usai pelaksanaan zikir bersama dilanjutkan pemberian santunan berupa uang tunai kepada 22 siswa MIN 11 HSS yang terdata sebagai yatim/piatu. Santunan tersebut merupakan donasi yang dikumpulkan sebelumnya dari seluruh warga MIN 11 HSS.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728