Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN HT MENUJU SEKOLAH ROBOT


     
    Terpilihnya MIN HT sebagai salah satu sekolah yang akan mengembangkan robot dari program Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel adalah bisa dikatakan berkah yang luar biasa. Program ini hanya dikhususkan bagi Sekolah Dasar (SD) swasta dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan Swasta.
    Tentu diantara kita ada yang berpikir, untuk apa robot diajarkan di Sekolah tingkat dasar? Ternyata, dengan mempelajari robot banyak manfaat yang akan didapat oleh peserta didik, diantaranya:
    1.  Pembelajaran robotika juga merangsang otak anak untuk berpikir sistematis dan cara berpikir yang terstruktur sehingga dapat menyelesaikan sebuah masalah dengan akurat. Serta membantu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
    2.  Mengasah keterampilan anak dalam hal mendesain sebuah robot, karena dibutuhkan kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi untuk dapat membuat sebuah robot menjadi bentuk yang diinginkan.
    3.,,Melatih kerjasama pada anak dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menginspirasikan pendapatnya, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya dengan bebas.
    4.   Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek.

    Senin,(20/05/2013) sebagai langkah awal untuk menyukseskan hajat tersebut, oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel diundanglah masing-masing 1 orang guru dari sekolah yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan “WORKSHOP TEKHNISI TENAGA PENDIDIK PRAKTIK ROBOTIKA SD/MI NEGERI DAN SWASTA TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2013
    Bertempat di Hotel Batara Banjarmasin, penulis yang juga merupakan utusan MIN HT merasa beruntung karena ini adalah angkatan pertama dari 2 angkatan.

    Bersama 41 peserta, penulis begitu antusias untuk belajar tentang robot. Dituntun langsung oleh pembuat robotnya, kami belajar dari mengenal komponen, merakit dan mengoperasikan robot-robot yang ada. Ada 3 robot yang kami otak-atik yakni robot peluncur roket, robot lengan dan robot kura-kura. Dalam dunia robot, robot yang kami pelajari menggunakan bahasa C.

    Terasa singkat waktu 3 hari untuk belajar robot, namun dengan waktu yang singkat itu kami sudah seperti keluarga kecil saja. Semoga program ini berjalan seperti yang kita harapkan. Ini semuanya demi dan untuk anak-anak didik kita di sekolah. Selamat berjuang teman! Dan….
     ‘’SAMPAI BERJUMPA LAGI…MENUJU KONTES ROBOT KALSEL TAHUN 2014 ’’

    SPECIAL THANKZ BUAT DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI KALSEL

    PENTING:
    BUAT TEMAN-TEMAN ANGKATAN 1 WORKSHOP ROBOTIKA.
    YANG MAU FOTO-FOTO KITA, HUBUNGI ADMIN VIA FACEBOOK 
    (UNTUK MASUK KE FB & INBOX ADMIN KLIK DI SINI )
    NANTI KALIAN AKAN DIBERI LINK UNTUK DAPAT MEN-DOWNLOAD SEMUA FOTO-FOTONYA.
    (Berhubung Foto-Fotonya Begitu Banyak, 
    Jadi Admin Kesulitan untuk Upload Semuanya)

    BERIKUT MOMEN DAN KEJADIAN INDAH DI WORKSHOP ROBOTIKA KALSEL

    Materi 1, Robot Peluncur Roket...
     Siap meluncur. Moga nyasar ke Israel
    Materi 2, Robot Lengan
     
     Materi 3, Robot Kura-Kura
    Tampak Instruktur menjelaskan materi kepada penulis

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728