Header Ads

ad728
  • Breaking News

    BELAJAR DI KWARCAB, BERPESTA DI KWARRAN


    CERITA PERJALANAN MENGIKUTI 2 KEGIATAN YANG BERBEDA DAN DI TEMPAT YANG BERBEDA PULA DALAM 1 HARI

    Sabtu, (11/05/2013). Adalah hari di mana penulis dibuat bimbang lantaran agenda kegiatan yang pelaksanaannya di hari yang sama. Penulis harus memilih antara ikut orientasi kepramukaan di Kandangan atau Gelar Senja di Nagara. Secara keduanya sama-sama penting. Di orientasi penulis bisa mendapat ilmu baru tentang kepramukaan, di satu sisi rasa tanggungjawab penulis yang juga sebagai pelatih untuk menghandel berbagai persiapan guna mendampingi kontingen pramuka MIN HT berlomba.

    Akhirnya dengan bismillah, penulis memilih untuk mengikuti orientasi di kwartir cabang HSS. Sedang untuk Gelar Senja kakak-kakak Pembina pramuka dari MA PIP yang diberi amanat untuk mendampingi adik-adiknya MIN HT berlomba.

     (Secara bergantian Kak Cho'e dan Kak Alfi memberikan materi kepramukaan)

    ORIENTASI KEPRAMUKAAN KWARCAB HSS

    Pagi yang cerah bertempat di Gedung Kesenian Kandangan, penulis berbaur dengan kakak-kakak pembina pramuka se-kabupaten dengan penuh semangat. Kegiatan ini merupakan jemput bola dari Kwarcab HSS menyikapi adanya wacana pramuka masuk kurikulum baru di tahun 2013 ini. Salut buat Kwarcab HSS!

    Wajar menurut Kak Cho’e (Kak Syamsuri Arsyad) Kwarcab HSS masih merupakan Kwarcab Tergiat Nomor 1 dari Kwarda Kalsel. Dalam pemaparan materinya, Kak Cho’e juga menjelaskan tentang bagaimana pengisian SKU, SKK dan SPG yang benar. Beliau juga banyak memberikan motivasi agar kami bisa meraih predikat sebagai pembina pramuka yang sukses. (Kagum Penulis dengan sepak terjang beliau di Pramuka)

    Selanjutnya, usai makan siang, giliran Kak Alfi yang akan menyampaikan materi tentang Akreditasi Gugus Depan. Sempat bingung ternyata Gudep juga harus diakreditasi. Kak Alfi menjelaskan dengan terakreditasinya gugus depan, maka selain reward  gudep juga akan mendapatkan perhatian dan kemudahan-kemudahan dari Kwarnas. Wah pengen tuh….

    Tak terasa jam menunjukan pukul 2 siang lewat. Pikiran penulispun mulai buyar mengingat anak-anak yang akan berlomba tinggal sebentar lagi. Beruntung 1 materi ditiadakan berhubung pemateri berhalangan hadir. Padahal dari jadwal yang ada kami harusnya pulang jam 03.15. Syukur Alhamdulillah…. Bisa pulang cepat. Dan pertemuan ini akan disambung pada lain kesempatan.

    GELAR SENJA KWARRAN DAHA SELATAN

    Dengan cepat penulis langsung tancap gas, tak lupa penulis juga menerima oleh-oleh berupa baju berloga kwarcab dari panlak. Kerennnn bajunya..... Dengan harapan masih sempat untuk join di Gelar Senja Kwarran Daha Selatan, penulis terus memacu gas sampai kecepatan tertinggi menempuh jarak 30 km menuju Negara City. Sesampainya di tempat acara di SMPN 1 Daha Selatan, ternyata opening belum dimulai. Lega…… Dan kontingen MIN HT masih on the way.

    Kali ini lomba bertemakan Tari Daerah dan Tari Kreasi. Banyak dari berbagai gudep yang ikut perform dengan begitu kreatif dan menawan. Membawakan tarian berkonsep Tari Japin, MIN HT tampil dengan maksimal. Hasilnya mengantarkan Bidadari Kecil MIN HT binaan penulis meraih predikat Juara Terbaik 2. Alhamdulillah….

    Berlaga sebagai juara bertahan sejak bulan November tahun lalu, dengan meraih 5 kali predikat Juara 1 berturut-turut, akhirnya kali ini SMPN 3 Daha Selatan memutus target kami untuk bertahan sampai periode semester 1 tahun ini. Tapi penulis tetap bangga dengan anak-anak siaga MIN HT… mereka penuh semangat dan berani.

    Tak lupa penulis ucapkan rasa salut dan kagum, buat Kwarran Daha Selatan yang mampu menggelar even ini secara rutin dan selalu memberikan hadiah buat para juara di tengah keterbatasan finansial yang ada.
    Terpanjat doa dan harap agar Gudep 0979-0980 MIN HT, bisa menjadi Gudep Terbaik yang mampu melahirkan bibit-bibit anak bangsa yang brilian dan berprestasi. Terlebih ingin menjadikan MIN HT sebagai Gudep pertama yang bisa memperoleh Akreditasi Gugus Depan dari Kwarnas. AAMIIN.

    Terima kasih buat Ibu Kepala dan Dewan Guru MIN HT yang sedianya terus memotivasi dan ikut menyiapkan segala sesuatunya. Seluruh Pembina Pramuka MIN HT yang tak kenal lelah dalam berkreasi dan selalu punya ide-ide yang kreatif.

     BERIKUT MOMEN-MOMENNYA:
     Foto Bareng Usai Mengikuti Orientasi Kepramukaan Kwarcab HSS
     Salah Satu Penampilan Gudep Lain
     Bidadari Kecil MIN HT saat perform
     Upacara Penutupan
     
     Foto Bareng dengan MA PIP, MTsN Habirau dan MIN HT

     Pulang dengan perasaan gembira

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728