Header Ads

ad728
  • Breaking News

    FAKTA DIBALIK CERITA OON 2013 - LANGKAH MIN HT TERHENTI DI SEMIFINAL



    Berakhir sudah perjuangan MIN HT dalam ajang Olimpiade Online Nasional 2013 ini. Segala ikhtiar dan doa telah menyertai langkah kami untuk memperebutkan Ainun-Habibie Award. Namun inilah batas kemampuan kami, setelah berusaha keras hingga lolos ke Semi final Nasional dan bersaing dengan sekolah lain se-Indonesia, kami gagal masuk 10 besar.

    Dari sini kami belajar dan mendapatkan banyak pengalaman untuk terus meraih  asa. Selamat anak-anak kami, TIM Olimpiade Online MIN HT yang begitu bersemangat dalam ajang ini. Finis di peringkat 33 dari 69 sekolah se-Indonesia juga merupakan bentuk sebuah prestasi bagi madrasah kita.

    Terima Kasih Geschool dan Orbit Digital Pusat yang secara langsung mengundang kami. Moga tahun depan ajang ini masih dilaksanakan.



    BERIKUT 5 FAKTA MENARIK DIBALIK CERITA OON 2013 DARI MIN HT:

    1.    SATU-SATUNYA PESERTA MADRASAH
    Bersama Kakak dari MA PIP, MIN HT merupakan satu-satunya madrasah yang jadi peserta OON 2013 dari provinsi Kalimantan Selatan. Mungkin dikarenakan masih belum familiarnya ajang ini, maklumlah tahun ini adalah yang perdana. Hingga Babak semifinal yang lalu, hanya ada 3 MI yang berhasil tembus, yakni dari Kalsel (MIN HT), Aceh dan Jawa Tengah. Miris jika kita mau merenung. Mudah-mudahan Kementerian Agama bisa memberi akses bagi madrasah untuk mengembangkan IT biar tidak semakin tersisih.

    2.    MEMPEROLEH POIN TERTINGGI
    Cukup mudah bagi MIN HT untuk lolos dari penyisihan tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Maklumlah MIN HT adalah satu-satunya yang berani ikut jadi peserta. Bermodal sarana dan prasarana yang memang belum memadai seperti ketiadaan Laboratorium Komputer tidak menciutkan nyali kami untuk ikut andil. 

    3.    LOLOS MENUJU TINGKAT NASIONAL
    Nah... pada saat di babak penyisihan tingkat provinsi adalah babak yang mulai menegangkan karena kami sudah mulai bersaing dengan sekolah lain. 3 sekolah akan memperebutkan 2 tiket ke semifinal. Gak mau cepat shotdown, kami mulai mengintensifkan jadwal latihan anak-anak. Hasilnya kami memperoleh hasil poin tertinggi se-Kalsel. Legaaaaaa..... Dan  perjuangan kian menantang.

    4.    SEMPAT DIKIRA GAGAL
    Dilain pihak, MA PIP yang Cuma berhasil finis di posisi ke 4 pada babak penyisihan tingkat provinsi. Membuat kakak MIN HT ini harus rela terhenti di sini. Karena dari ketentuan lomba “Jika peserta penyisihan tingkat provinsi kurang dari 20 tim, maka akan diambil 2 tim untuk maju ke tahap semifinal”. Namun menjelang jadwal babak semifinal, MA PIP muncul sebagai sekolah yang lolos ke semifinal. Hoooooreee.... asa MA PIP kembali hidup. Begitu juga dengan sekolah dasar dari kalsel, semuanya diaktifkan sebagai tim yang akan menjajal babak semifinal.
    Bingung juga. Setelah dikonfirmasi dengan pihak Geschool Pusat rupanya ada kebijakan bagi provinsi yang jumlah pesertanya sedikit tetap akan diloloskan... Ooooh begitu..

    5.    SELURUH WAKIL KALSEL KANDAS
    Dalam babak semifinal ini wakil kalsel tercatat sebanyak 3 SD/sederajat, 5 SMP/sederajat, 4 SMA (IPA) /sederajat dan 1 SMA (IPS) /sederajat. Sayang semuanya gagal menembus 10 besar guna berlaga di babak final. Semuanya telah berjuang dengan batas kemampuannya masing-masing. Kita semua selalu ingin memperoleh hasil yang terbaik. Namun hari ini kita belum ditakdirkan untuk menjadi yang terbaik. So, tetap semangat dan jadikan kegagalan sebagai kunci kesuksesan kita di masa mendatang.

    Sedikit catatan....................................


    RENTETAN PEROLEHAN POIN MIN HT DALAM OON 2013
    > Penyisihan Kab.  Satu-satunya sekolah tingkat SD/MI yang ikut dan memperoleh poin 1633.00
    > Penyisihan Prov. Peringkat 1 dari 3 sekolah se-Kalsel dengan perolehan poin 1993.00
    > Semifinal Nasional.  Peringkat 33 dari 69 Sekolah Nasional dengan perolehan poin 2400.00

    CARA LOMBA KEMARIN SEPERTI INI:
    Setiap tim terdiri dari 10 siswa/i. Saat lomba, soal tersistem secara acak. Jadi soal yang muncul berbeda untuk setiap siswa. Gak tanggung-tanggung dalam durasi 1 jam, siswa harus menjawab 160 soal. Dari sini poin seluruh siswa dalam 1 tim akan diakumulasikan dengan ketentuan soal yang benar dijawab mendapat 3 poin, kalo salah minus 1. Untuk tingkat SD, komposisi soal terdiri B. Indonesia, Matematika, IPA dan IPS.  Oh iya... setiap siswa harus punya akun Geschool terlebih dahulu. Nah.. soal OON hanya akan muncul pada hari H, sesuai jadwal lomba yang telah dibagikan. 

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728