Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KEGIATAN P5, SISWA MIN 11 HSS MENANAM TANAMAN TOGA

     



    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) kelas IV menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Gaya Hidup Berkelanjutan, Sabtu (28/04/2024) di taman madrasah.

    Tanaman TOGA merupakan tanaman obat-obatan herbal yang bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit tertentu. Biasanya mudah dibudidayakan dan tidak memakan banyak tempat.

    Salah satu guru kelas IV Husnul Khatimah menuturkan, kegiatan ini menjadi sarana siswa dalam mengenali tanaman di sekitarnya yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

    "Beberapa contoh tanaman TOGA adalah kencur, kunyit, temulawak, dan serai. Tanaman ini apabila sudah bisa dipanen, dapat diolah menjadi jamu yang berkhasiat untuk tubuh," ujarnya.

    Husnul menambahkan setelah ditanam, tanaman tetap harus dirawat agar bisa tumbuh dengan baik sehingga dapat dipanen.

    Semua siswa antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Salah satu siswa kelas IV A Zahirah Fairuz mengungkapkan ia kebagian menanam tanaman kunyit.

    Dengan adanya Tanaman TOGA, diharapkan menjadi sarana pelestarian alam dan penyebaran gerakan penghijauan di madrasah sehingga tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan asri. 


    Rep: Islamiah

    Ft: Norsela

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728