Header Ads

ad728
  • Breaking News

    DOKTER RAMADHAN: SKABIES, PENYAKIT YANG HARUS DIWASPADAI

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Dokter dari Puskesmas Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan, Ramadhan Humaidi menghimbau agar mewaspadai penyakit Skabies yang dalam satu tahun terakhir ini kasusnya terus mengalami peningkatan, dimana penderitanya tidak hanya orang dewasa namun juga dapat menimpa anak-anak.

    Dijelaskan dokter Ramadhan penyakit Skabies merupakan suatu penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes Scabiei varian hominis. Ketika terkena Skabies sambungnya kebanyakan orang mengira disebabkan oleh alergi makanan atau perubahan cuaca.

    “Untuk itu penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena penderita dapat menularkan kepada orang-orang sekitarnya. Jika seseorang telah terinfeksi Skabies, segera pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat,” ujar dokter Ramadhan pada acara Sosialisasi Kenali Penyakit Skabies yang digelar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 HSS, Rabu (13/04/22).

    Lebih lanjut ia juga menjelakan bagaimana gejala penderita Skabies dan cara penanganan penyakit tersebut. Untuk pencegahannya sendiri ia mengajak untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan menghidari penggunaan barang-barang pribadi digunakan bersama orang lain.

    “Misalnya tidak memakai pakaian, handuk maupun bantal secara bersama-bersama,” tambahnya.

    Sementara itu Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah dalam kesempatannya sangat berterima kasih atas informasi kesehatan tentang Skabies yang pihaknya dapatkan. Ia pun berharap warga madrasahnya makin sadar diri untuk lebih menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tidak hanya di madrasah juga terutama di rumah.

    “Sebagai bentuk ikhtiar pencegahan Skabies, selanjutnya akan kita sosialiasikan lebih luas lagi kepada seluruh peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6, dengan menggandeng tim pelaksana UKS MIN 11 HSS,” tandasnya.

    Sosialisasi mengenai penyakit Skabies tersebut diikuti seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MIN 11 HSS dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

     

    Ref/Ft : Islamiah

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728