Header Ads

ad728
  • Breaking News

    JELANG UM, MIN 11 HSS GELAR KHATAMAN AL-QUR'AN


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Menjelang Ujian Madrasah (UM), Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) gelar khataman Al-Qur'an yang rutin diadakan setiap tahunnya untuk siswa kelas VI diikuti kelas I s.d kelas V dan dihadiri oleh Pengawas Madrasah (MI) di Mesjid Al-Ihya. Sabtu (14/05/22).

    Kegiatan ini merupakan bentuk penerapan Peraturan Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2005 yang mewajibkan khatam Al-Qur'an bagi pelajar. Acara tersebut diawali dengan shalat Hajat bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah.

    Kepala Madrasah Dra Hj. Ma'shumah dalam sambutannya mejelaskan bahwa khataman siswa kelas VI ini diadakan setelah mereka menyelesaikan 30 juz bacaan Al-Qur'an yang telah dimulai sejak awal tahun ajaran baru. Tujuannya agar kedisiplinan siswa dalam membaca Al-Qur'an terus meningkat hingga ke jenjang sekolah berikutnya.

    "Sebelum pembelajaran dimulai, setiap hari kita luangkan waktu 15 menit untuk gerakan literasi. Yakni tadarus Al-Qur'an untuk kelas V dan VI dan pembacaan surat-surat pendek untuk kelas I s.d kelas IV. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak di generasi ini dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan dan kemajuan zaman tanpa harus berpaling dari ajaran-ajaran Al-Qur'an," harap Ma'shumah.

    Mahyuni, S.Pd.I M.M selaku Pengawas Madrasah menambahkan, kegiatan khataman dan doa bersama dilakukan untuk pemantapan siswa dan siswi secara spritual. Dengan demikian ada keseimbangan antara akademik dan spritual. "Dengan pelaksanaan khatam Al-Qur'an ini, dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan peserta didik. Berhasil dengan nilai terbaik dalam UM mendatang. Setelah khatam bukan berarti kita berhenti untuk membaca Al-Qur'an, tetapi harapan kita peserta didik terus melanjutkan untuk membacanya" pungkas Mahyuni.

    Acara khataman Al-Qur'an yang bertema "Dengan Semangat Membaca Al-Qur'an Menjadikan Anak-Anak yang Qur'ani dan Berkarakter" tersebut  dilaksanakan dengan khidmat yang dipimpin oleh Guru Keagamaan H.Adenan S.Pd.I.

     

    Ref/Ft : Hamidah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728