Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN KOMPLEK PENDIDIKAN ISLAM PARIGI KAB. HSS "HANGATNYA KEBERSAMAAN"

    DALAM RANGKA MEMPERINGATI LAHIRNYA WEBSITE RESMI MIN HABIRAU TENGAH, YANG KINI TELAH BERUSIA 1 (SATU) TAHUN 
    (01 SYAWAL 1432 H- 1 SYAWAL 1433 H)
    Maka dengan bangga kami sajikan liputan khusus untuk Anda yang telah setia bersama kami selama ini. Dan kami menyadari ruang ini terlalu sempit untuk menggambarkan secara keseluruhan seluk-beluk komplek ini.

    Terletak di Desa Habirau Tengah Kec. Daha Selatan Kab. Hulu Sungai Selatan Prov. Kalsel, di sinilah komplek ini berada. Dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP), komplek ini sukses mempunyai berbagai satuan pendidikan mulai jenjang paling bawah sampai tingkat atas.

    Berada dalam lingkungan Mesjid Besar Al-Ihya dan Pondok Pesantren PIP, membuat seluruh satuan pendidikan yang terdiri dari PAUD Al-Qamar, RA PIP, MIN Habirau Tengah, MTsN Habirau Negara dan MA PIP Habirau Tengah serta Ponpesnya kental bernuansa Islami.

    Terbentuknya komplek ini merupakan hasil kerja keras yang tak kenal lelah dari para Alim Ulama, tokoh-tokoh dan dewan guru di masa lalu hingga masa kini. Terlebih partisipasi yang selalu diberikan masyarakat dan pemerintah demi kemajuan komplek pendidikan ini.
    Yuuukkk, kita bahas satu-satu…..
    A.      MESJID BESAR AL-IHYA
    Berdiri di tengah-tengah Komplek PIP, mesjid yang dibangun pada tahun 1977 ini telah mengalami rehab total yang dimulai pada tahun 2008 hingga pembangunannya masih dilakukan sampai sekarang.
    Dan mesjid yang telah menyandang status Mesjid Besar ini tak pernah sepi dari berbagai kegiatan umat baik di bidang keagamaan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. 

    B.       KANTOR YAPIP, PAUD DAN RA
    Terdiri dari 6 ruang, gedung bertingkat ini merupakan Kantor Ketua Umum YAPIP,  Bapak H. Bahran, S.Pd.I beserta jajarannya bekerja pada lantai atas dan lantai bawah digunakan untuk PAUD dan RA PIP. Dipimpin oleh Ibu Sugia Nikmah, S.Pd.I, kini murid PAUD Al-Qamar tercatat berjumlah 30 lebih anak didik. Sedangkan RA PIP dibawah pimpinan Ibu Fatimah, S.Pd.I mencatatkan 80 lebih anak didik dari kelas nol kecil hingga nol besar.

    C.       MIN HABIRAU TENGAH
    Berdirinya MIN Habirau Tengah pada tahun 1963 merupakan cikal bakal terbentuknya komplek pendidikan ini. Menyandang sebagai sekolah dengan nilai akreditasi tertinggi tingkat SD/MI sekabupaten dengan jumlah nilai 94, MIN Habirau Tengah kini mempunyai 14 RKB dengan 400 lebih siswa. (Profil lengkap MIN Habirau Tengah  serta keunggulannya dapat diliat web ini)

    D.      MTsN HABIRAU NEGARA
    Tidak lama sejak didirikan pada tahun 1967, pada tahun yang sama madrasah ini resmi dinegerikan. Sekolah ini juga menyandang nilai akreditasi tertinggi sekabupaten dengan jumlah nilai 96. Serta mempunyai 12 RKB yang telah menampung 450 lebih siswanya. Dengan kepala madrasah Bapak M. Taufik, S.Ag., M.M.Pd yang baru saja menyelesaikan pendidikan S2-nya.

    E.       MA PIP HABIRAU TENGAH
    Kini MA PIP berkibar menyongsong kejayaan. Dipimpin oleh Bapak Rasyid Luthfiyana, S.Pd.I. M.M.Pd, MA PIP memiliki 10 RKB, 2 program studi yakni IPA dan IPS dan 300 lebih santerinya. Nilai Akreditasinya pun terbilang cukup tinggi. Ditambah 2 kegiatan eskol unggulan yakni keterampilan menjahit dan komputer menjadi daya pikatnya.

    F.        PONDOK PESANTREN PIP
    Mempunyai 2 tingkatan yakni Salafiyah Wustha dan Diniyah Ulya. Ponpes ini juga dilengkapi fasilitas asrama untuk putera dan puteri. Tuan Guru H. Abdul Azim yang juga seorang Hafiz Qur'an kini menjabat pimpinan salafiyah wustha, sedangkan Diniyah Ulya dipimpin oleh Tuan Guru H. Ahmad Bussairi yang notabenenya merupakan ulama tersohor di daerah Daha.

    Disamping itu, komplek yang pernah dipimpin oleh Almarhum Muallim KH. Syamsuni ini juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh santeri/siswa, diantaranya:
    ·         Mesjid
    ·         1 unit Aula
    ·         2 unit lab. Bahasa
    ·         2 unit lab. komputer,
    ·         1 unit lab. IPA
    ·         1 unit ruang menjahit
    ·         4 unit perpustakaan,
    ·         3 unit UKS
    ·         4 buah lapangan
    ·         1 buah warnet
    ·         2 unit Asrama (putera dan puteri)
    ·         Kafetaria
    ·         1 unit gedung MCK* (Masih dalam tahap pembangunan. Kerjasama dengan Dinas Perkerjaan Umum)
    ·         Dan fasilitas lainnya

    Ada juga lo:
    ·         TK/TPA PIP yang dibuka sore hari
    ·         TPSQ Al- Ihya (Taman Pendidikan Seni Baca Al-Qur'an),
    ·         Majelis Mudzakarah dan Majelis Ta'lim yang rutin digelar di Mesjid
    ·         Koppontren Muawanah, Koperasi seluruh santeri/ siswa PIP
    ·         KUD Wasaka
    ·         Perumahan Khusus Guru PIP (terletak masih dalam 1 komplek)

    Soal prestasi, Komplek PIP telah menorehkan tinta emas mulai dari tingkat lokal, kabupaten, provinsi sampai nasional baik bidang akademik maupun non-akademik.
    Dan berbagai penghargaan telah banyak dikoleksi. Tentunya ini merupakan hasil kerja keras bersama. Tetap Ikhlas Beramal demi meraih kemenangan.

    Akhirul kalam dalam suasana kemenangan ini, bersama seribu lebih santeri/siswa, Kami Keluarga Besar Komplek Pendidikan Islam Parigi mengucapkan:
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1433 H.
    MINAL AIDIN WAL FAIDZIN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.
    SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA OLEH ALLAH SWT. AMIN
    Berikut sebagian Bentang Alam di Bumi YAPIP, Komplek Pendidikan Islam Parigi
    Pintu Gerbang Komplek PIP
    Aula PIP
    Lapangan Utama Komplek PIP
    Gedung MA PIP yang beseberangan dengan Ponpes PIP
    MTsN Habirau Negara 
    MIN Habirau Tengah
    Gedung Tambahan Baru RA PIP
    Makam Muallim KH. Syamsuni dan Alim Ulama lainnya 


    Artikel ini juga dimuat di website resmi Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalsel

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728