Header Ads

ad728
  • Breaking News

    ALASAN KENAPA KACU PANDU PUTRI DIRUBAH


    Kontingen Pramuka MIN 11 HSS saat Mengikuti Perlombaan
    Mungkin sampai saat ini masih banyak yang bertanya-tanya. Kenapa kacu pandu pramuka putri jadi disamakan dengan kacu putra. Padahal sebelumnya antara kacu putri dan putra saling berbeda satu sama lain.

    Kita tahu awalnya kacu putri berbentuk pita panjang sedang kacu putra berbentuk segitiga. Dengan perbedaan ini kita terbiasa dengan ciri khas masing-masing. Namun kini semua perbedaan itu telah tidak ada lagi. Kacu pramuka di Indonesia kini hanya berlaku satu bentuk yakni kacu segitiga.

    Awalnya admin jua sempat bingung akan perubahan ini. Namun setelah googling sana sini akhirnya admin menjadi tahu yang melatar belakanginya.
    WAGGGS

    Hasil rangkuman dari berbagai narasumber menyebutkan bahwa, Gerakan Pramuka Indonesia sejarahnya dulu berafiliasi dengan WAGGGS dan WOSM sebagai wadah kepanduan internasional. WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts) diperuntukkan bagi pandu puteri saja, sedangkan WOSM (World Organization of Scout Movement) keanggotaannya meliputi pandu puteri dan putera. Maka dari itu sesuai dengan ketentuan internasional yang berlaku saat itu, pandu puteri memakai pita leher dan lambang WAGGGS, sedangkan pandu putera memakai setangan leher dan lambang WOSM.

    WOSM
    Namun sejak Gerakan Pramuka Indonesia memutuskan untuk keluar dari organisasi WAGGGS tahun 2001, keberadaan pita leher sudah tidak relevan lagi, dan hal ini diperkuat dengan SK Kwarnas No. 064 Tahun 2001 Tentang Pernyataan Keluar dari WAGGGS (sumber: pramuka.web.id). Keikutsertaan Gerakan Pramuka Indonesia dalam dua organisasi internasional mewajibkan kita untuk membayar fee tahunan ke dua organisasi tersebut. Sementara tahun 2001, Indonesia dilanda krisis moneter yang cukup serius. Itulah salah satu alasan mengapa akhirnya Gerakan Pramuka Indonesia kini hanya berafiliasi dengan WOSM saja dan membawa dampak pada perubahan Tanda Pengenal Gerakan Pramuka.

    Sejak kapan perubahan seragam tersebut dimulai?  Sejak ditetapkannya SK no. 174 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka (sumber: pramuka.or.id) , menggantikan SK No. 226 Tahun 2007. Meski Surat Keputusan Kwarnas ditandatangani tahun 2012, namun perubahan seragam (termasuk model kacu pandu puteri) ini baru disosialisasikan tahun 2013.

    Sumber: Diolah dari beberapa sumber

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728